Resep - Cara Membuat Rendang Daging

Resep Rendang - Negara kita Indonesia tidak cuma sebuah negara yang mempunyai kekayaan budaya dan alam yang indah akan tetapi juga mempunyai kekayaan kuliner yang terkenal di seluruh dunia. Rendang satu diantara jenis makanan dari Minangkabau, Sumatera Barat sudah menjadi sajian kegemaran banyak orang. Soalnya, hidangan inilah yang sering dihidangkan bagi tamu luar negeri dan kerap jadi menu pilihan terlaris di rumah makan asli masakan Indonesia di negara Eropa dan Amerika.
Resep Makanan, resep rendang ayam,resep rendang telur,resep rendang padang kering,resep rendang daging sapi,resep rendang padang hitam,resep rendang padang sederhana,padang pariaman,

Rendang adalah daging sapi yang diolah bersama santan kelapa sampai empuk, ditambah bumbu rempah asli Indonesia. Rasa pedas rendang pun jadi ciri khas rendang lebih-lebih rendang khas Padang yang kondang dengan pedasnya. Masyarakat Padang memang dikenal dapat meramu makanan pedas menjadi makanan yang lezat. Sehingga tak aneh apabila rendang ini jadi menu pilihan rumah makan Padang. Rendang ternyata tidak cuma hidangan penggoyang lidah. Lebih dari itu, rendang Padang pun memiliki falsafahnya sendiri. Filosofi itu ditinjau dari bahan baku dan bumbu masakan rendang. Berikut uraiannya :

Daging : Daging yang dipakai pada makanan rendang terbuat dari daging sapi. Daging adalah simbol Ninik Mamak sebagai pemimpin suku adat di Sumatera Barat.

Kelapa : Kelapa atau yang kerap dinamakan oleh masyarakat Minangkabau sebagai karimbia adalah simbol cerdik pandai atau kalangan intelek.

Cabe : Cabe atau sebutannya lado adalah simbol dari alim ulama yang pedas dan tegas ketika mendidik ilmu agama.

Bumbu bumbu yang digunakan bisa diterjemahkan sebagai simbol kesatuan masyarakat Minangkabau.

Nah, Anda pastinya bangga bukan sesudah tahu macam apa filosofi yang terkandung dalam rendang yang sesungguhnya. Di samping kerap jadi pilihan ketika makan di rumah makan Padang, cita rasanya yang nikmat pun telah mendunia. Dan anda pun bisa memasak masakan rendang ini di rumah anda dengan resep berikut ini :

Bahan bahan yang digunakan :

1/2 kg daging sapi diiris melebar menjadi 12 bagian
2 helai daun kunyit
2 helai daun jeruk
2 batang serai gunakan putihnya dan dimemarkan
1 buah pekak
2 sdm kelapa parut yang disangrai
1,5 liter santan 2 butir kelapa
2 sdm minyak goreng

Bahan bahan bumbu halus :

10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
150 g cabe merah
Cabe rawit secukupnya
5 butir kemiri
1/2 sdt jinten
1 sdt ketumbar
1/2 cm kunyit
1 cm jahe
Garam sesuai selera


- Tumislah bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, serai dan pekak sampai wangi.

- Tambahkan daging dan aduk-aduk sampai berubah warna.

- Tambahkan santan dan kelapa parut yang disangrai, panaskan menggunakan api sedang sembari diaduk pelan-pelan sampai mendidih.

- Api kompor dikecilkan dan daging dimasak sampai matang, berminyak dan berwarna kecokelatan.

- Angkat dan rendang siap dihidangkan.