Resep - Cara Membuat Roti Manis Rasa Coklat Keju

Resep Roti Manis - Roti adalah makanan favorit di sejumlah negara Eropa dan Amerika. Akan tetapi akhir-akhir ini, makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat tinggi ini pun mulai terkenal di Indonesia dan malah sudah jadi makanan pokok untuk sebagian orang Indonesia, lebih-lebih pada orang-orang yang sudah maju dan anak muda maupun anak-anak. Macam tepung terigu yang lazim dipakai dalam membuat roti ialah tepung terigu yang mempunyai kadar gluten tinggi. Hal tersebut berfungsi supaya adonan roti bisa mengembang sempurna dan lembut.
resep roti manis dan empuk,pengempuk roti,resep roti manis bogasari,resep roti manis isi,resep roti goreng,resep roti isi coklat,resep bikin roti,roti manis lembut,

Varian roti sekarang sudah demikian beragam, begitupun untuk resep roti. Beraneka rasa dan jenis roti diiringi kemajuan dunia kuliner membuat resep roti kian bermacam-macam dengan isi di dalamnya. Umumnya roti dikelompokkan jadi 3 macam yakni roti manis, roti tawar serta roti isi.

Roti tawar : cocok dengan sebutannya, roti ini mempunyai citarasa yang tawar. Seringnya roti ini dipakai untuk roti sandwich atau bisa pula dimakan menggunakan pelengkap berupa olesan selai ataupun mentega. Resep pembuatan roti ini umumnya tak banyak memakai gula. Hal yang harus diingat pada tahap akhir pembuatan roti ini ialah tidak boleh memotong roti ketika masih panas, tetapi biarkan dingin lebih dulu.

Roti manis : guna membuat citarasa manis, roti jenis ini memakai lebih banyak gula dari resep jenis roti lainnya. Rasa manis roti ini tidak cuma dihasilkan dari gula, ada sejumlah resep roti manis yang juga memberikan bahan rasa manis dari aneka buah atau bahan makanan lain yang mempunyai rasa manis.

Roti isi : Resep pembuatan roti isi pada prinsipnya serupa dengan resep pembuatan roti lainnya. Hal yang menjadikannya beda ialah untuk bahan isi roti yang boleh dibuat menurut keinginan. Sekarang roti isi yang jadi favorit ialah roti isi cokelat, roti isi keju, roti isi srikaya, dan roti isi daging.

Mari kita membuat roti isi yang sering dijual di toko toko atau supermarket yaitu roti isi cokelat keju :

Bahan bahan yang digunakan :

1/2 kg terigu dengan kandungan protein tinggi
1,5 sdt ragi instan
1/2 sdt baking powder
50 g gula pasir
15 g susu bubuk
1 butir telur
300 cc air es
50 g margarin
1 sdt garam

Bahan bahan isi roti dicampur rata :

1 ons coklat meses
75 g keju cheddar diparut

Bahan untuk olesan :

1 butir telur
25 cc susu cair


- Campurkan dalam satu wadah terigu, baking powder, ragi instan, susu bubuk dan gula hingga merata.

- Tambahkan telur beserta air es sedikit demi sedikit sembari diuleni hingga kalis. Masukkan margarin serta garam. Uleni hingga kenyal. Biarkan selama 30 menit.

- Buat kempis adonan. Adonan ditimbang tiap-tiap 40 g. Buat bulatan. Pipihkan dengan digiling dan kemudian buat bentuk segitiga. Isi menggunakan bahan isian kemudian digulung. Biarkan selama 75 menit hingga mengembang.

- Olesi dengan bahan olesan.

- Adonan roti kemudian dioven pada temperatur 190 derajat Celsius selama 12 menit hingga matang.