Resep - Cara Membuat Roti Tawar Sederhana

Resep Roti Tawar - Roti merupakan makanan dengan bahan dasar tepung terigu dan air dan difermentasi oleh ragi, namun ada pula yang tak memakai ragi. Dan dengan makin majunya perkembangan teknologi, manusia telah mampu mengolah roti menggunakan bermacam bahan misalnya garam, minyak, butter dan telur untuk memberikan kandungan protein di dalamnya dengan begitu diperoleh tekstur dan citarasa tertentu. Roti adalah makanan pokok di sejumlah negara Eropa. Roti merupakan bahan pokok dari pizza dan juga lapisan terluar roti lapis. Roti seringnya dijajakan dengan bentuk sudah dipotong, dan "fresh" yang dibungkus apik menggunakan plastik.
resep olahan roti tawar,resep roti tawar lembut,resep roti manis,resep roti bakery,resep roti tawar ncc,resep roti tawar goreng,resep roti tawar susu,resep puding roti tawar,Resep Kue,

Seringnya roti diklasifikasikan dengan roti manis dan roti tawar. Roti tawar bisa dibagi lagi jadi roti putih (white bread) serta roti gandum (whole meal bread). Sementara roti manis dibagi menurut bahan pokok isi roti misalnya roti pisang keju, roti kelapa, roti daging sapi, roti abon, roti nanas, roti sosis, dan lainnya.

Bila dibanding dengan 100 g nasi putih ataupun mie basah, dalam 100 g roti menghasilkan energi lebih besar yang berasal dari karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, dan besi. Untuk menu makan pagi ataupun bekal, roti pun bisa dihidangkan beserta susu plus telur dadar. Sajian tersebut akan memperbesar perolehan nutrisi, terutama protein yang amat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan. Roti tawar yang seringnya anda beli di luaran sana, sekarang bisa anda buat sendiri. Atau malah apabila anda berniat akan mendirikan bisnis roti tawar, resep berikut ini tentu sangat bermanfaat.

Bahan bahan yang digunakan :

600 g tepung terigu dengan kandungan protein tinggi
9 g ragi instan
40 g gula pasir
30 g susu bubuk
350 cc air es
60 g mentega putih
1,5 sdt garam


- Menggunakan baskom, campurkan jadi satu tepung terigu, gula pasir, susu bubuk dan  ragi instan. Aduk-aduk merata. Masukkan air es sedikit demi sedikit seraya diuleni hingga kalis. Tambahkan mentega putih beserta garam. Uleni hingga teksturnya kenyal. Biarkan selama 1/2 jam. 
    
- Adonan ditimbang dengan berat masing masing adalah 180 g. Buat bulatan. Biarkan selama 10 menit.
    
- Giling adonan tadi sehingga tipis memanjang. Gulung sembari dipadatkan dan ditekan-tekan. Giling kembali adonan dan selanjutnya digulung.
    
- Tempatkan pada loyang ukuran 30 x 12 x 12 cm yang sudah diolesi margarin dan diberikan alas berupa kertas roti. Tiap-tiap loyang berisi 6 adonan. Tutuplah 1/2 bagian loyang. Tunggu selama 75 menit hingga mengembang. Dan selanjutnya tutup rapat loyang.
    
- Adonan kemudian di-oven selama 35 menit menggunakan temperatur 190 derajat Celsius.

- Ambil roti tawar dari oven dan siap untuk disajikan. Resep di atas cukup untuk membuat 12 potong roti tawar. Selamat berkreasi!