Mengatasi Cbtsynch Offline Tidak Terkoneksi Ke Server Pusat

Saya yakin anda akan stress bila anda yaitu proktor yang diberi tanggung jawab untuk menyiapkan aplikasi untuk UNBK, dan ternyata anda mengalami duduk kasus dengan Aplikasi CBT Synch, salah satunya CBTSynch  tidak mau berjalan alasannya statusnya OFFLINE terus dengan pesan CBTSynch tidak terkoneksi ke server pusat.

Setelah anda mencari solusi kesana-kemari, ternyata solusi yang diberikan itu-itu saja, dan masih belum dapat mengatasi permasalahan tersebut. menyerupai apa yang saya alami, saya mengalami duduk kasus CBT Synch tiba-tiba OFFLIne saat ingin melaksanakan sinkronisasi simulasi 3 2017, padahal sebelumnya di simulasi 2, Aplikasi berjalan dengan baik.

Saya yakin anda akan stress bila anda yaitu proktor yang diberi tanggung jawab untuk menyi Mengatasi Cbtsynch Offline Tidak Terkoneksi Ke Server Pusat

Bolak-balik mencari solusi hingga ngubek-ngubek di situs tanya jawab UBK. ubk.kemdikbud.go.id, namun tetap tidak menemukan solusi, bahkan sempat meminta proteksi teknisi unbk, permasalahan masih belum juga ditemukan, walaupun hingga melaksanakan instal ulang window, dan menciptakan kembali server unbk menggunakan VHD yang baru, tetap saja permasalahan tidak ketemu aplikasi CBT masih tetap offline.

Akhirnya sehabis mencoba banyak sekali macam cara, alhamdulilah pada akibatnya dapat mengatasi permasalahan CBT Synch tersebut, dan gres dapat sinkronisasi di tanggal 5 hari ahad februari 2017.

Untuk anda yang kebetulan mengalami duduk kasus serupa, dan CBT Synch yang anda gunakan masih saja OFFLINe disini saya akan coba membuatkan cara mudah-mudahan dapat mengatasi permasalahan yang anda alami.

Mengenal Status Pada Aplikasi CBT Synch

Ketika kita login masuk ke aplikasi CBT Synch, Kita ketahui bersama bahwa kemungkinan akan ada 3 status untuk aplikasi CBTSynch, yaitu sebagai berikut:


  1. CBT Sync Online, status cbt synch berjalan dengan baik dan siap digunakan untuk sinkronisasi dan simulasi.
  2. CBTSynch Standby, ada 2 kemungkinan penyebabnya yaitu Server sentra ditutup, alasannya belum waktunya agenda sinkronisasi, atau alasannya ID Server yang anda masukan saat login Salah. 
  3. CBTSynch OFFLINE, ini penyebabnya alasannya Ada duduk kasus di komputer local, dapat alasannya duduk kasus infrastruktur jaringan, konfirugasi salah ataupun alasannya koneksi internet offline.

Jika tidak ada Masalah status CBT Synch Seharusnya Online atau stand by

Jika tidak ada permasalahan, seharusnya status CBTSynch itu yaitu Online atau Standby, namun bila ada permasalahan maka statusnya OFFLINE, bila CBT Synch offline, yang terang bukan alasannya ID Sever di blokir oleh pusat, atau alasannya server sentra tidak aktif, penyebab utamanya yaitu alasannya adanya permasalahan dengan jaringan atau komputer server anda.

Kaprikornus saat anda mengalami Aplikasi CBT Synch OFFLine dengan pesan "CBTSynch tidak terkoneksi ke server pusat", tidak perlu minta untuk unlock atau di aktifkan oleh admin server pusat, itu murni kesalahan infrastruktur jaringan komputer local baik hardware maupun software, dan juga bukan alasannya Belum jadwalnya sinkronisasi, alasannya bila memang belum agenda siknronisasi, seharusnya statusnya yaitu STANDBY dengan pesan server sentra ditutup.

Penyebab duduk kasus dan Solusi CBT Synch Offline tidak terkoneksi ke server pusat

Berikut saya uraikan beberapa penyebab duduk kasus dan solusinya untuk anda yang kebetulan mengalami Aplikasi CBT Synch offline dengan pesan CBTSynch tidak terkonksi ke server pusar, barangkali dapat membantu permasalahan anda.

1. Jaringan Internet Offline

Permasalahan yang dapat saja terjadi jaringan internet mati atau offline, cek saja dengan browsing, bila di komputer server dapat digunakan browsing, maka jaringan internet dalam keadaan baik. jadi seharusnya bila tidak ada kesalahan teknis harus sudah dapat digunakan untuk sinkronisasi 

Solusi bila Jaringan internet Offline:
Periksa infrastruktur jaringan internet, pastingan jaringan internet online.

2. Konfigurasi Adapter Virtual Box Untuk Server UNBK Salah

Permasalahan kedua yang mungkin dapat mengakibatkan aplikasi cbtsynch offline yaitu seting adapter di virtual box salah. 

Solusi:
Untuk masalah ini sebaiknya anda teliti dan sesuaikan dengan petunjuk di anutan konfigurasi server unbk dari sentra yang anda peroleh dari situs ubk.kemdikbud.go.id.

Di Virtual box, untuk konfigurasi adapter, pastikan adapter 1 menentukan bridge dan pilih NIC yang terhubung ke jaringan komputer local di lab anda, awas salah menentukan NIC. kemudian adapter 2 pilih saja NAT.

Baca: Konfigurasi CBTSynch yang tepat

Sebenarnya bila sudah dapat login ke aplikasi CBT Synch itu membuktikan konfigurasi sudah benar, namun bila anda mengalami status cbtsync masih offline itu artinya ada permasalahan yang lain.

3. Firewall dalam keadaan Aktif

Permasalahan ke tiga yang mengakibatkan aplikasi CBT Sych OFFLIne dengan pesan CBTSync tidak terkoneksi dengan server pusat, yaitu alasannya Firewall di komputer server masih dalam keadaan aktif.

Solusi :
Non aktifkan firewall di komputer server anda, langkah-langkah untuk menonaktifkan firewall yaitu sebagai berikut:

a. Masuk ke kontrol panel dengan cara klik start sajian > Control Panel

b. Pada halaman Kontrol Panel, pilih View by : Large Icon, kemudian klik Windows Firewall, terlihat menyerupai gambar di bawah ini:

Saya yakin anda akan stress bila anda yaitu proktor yang diberi tanggung jawab untuk menyi Mengatasi Cbtsynch Offline Tidak Terkoneksi Ke Server Pusat

c. Kemudian di halaman Pengaturan window firewall, di bilah sajian samping kiri, pilih sajian bertuliskan "Turn windows firewall on or off, kemudian pilih-pilihan turn off window firewall, menyerupai terlihat di gambar di bawah ini:

Saya yakin anda akan stress bila anda yaitu proktor yang diberi tanggung jawab untuk menyi Mengatasi Cbtsynch Offline Tidak Terkoneksi Ke Server Pusat


Jika sudah, jangan lupa tekan tekan tombol Ok di kepingan bawah, hingga tahap ini anda sudah berhasil menonaktifkan window firewall, yang kadang menjadi penyebab aplikasi cbt synch tidak mau connect ke server sentra alias offline.

4. Port 80 di komputer server dalam keadaan terpakai

Permasalahan lainnya yang mengakibatkan aplikasi cbt synch offline tidak terkoneksi ke server sentra yaitu kemungkinan port 80 di komputer server ada yang menggunakan. biasanya aplikasi client server secara default menggunakan port 80 untuk berkomunikasi antara client dan server, walaupun dari team unbk tidak disebutkan berapa port yang dipakai, untuk antisifasi port 80 di komputer server sebaiknya harus dalam keadaan tidak terpakai.

Oleh alasannya itu kita harus cari tau bahwa port 80 tidak digunakan, bila kebetulan terpakai, maka kita harus menonaktifkan aplikasi pengguna port 80 tersebut. langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

a. Buka command prompt (start menu, cari dengan kata cmd, kemudian enter)

b. pada command prompt, kecikan perintah netstate -a -no


Coba lihat gambar di atas, ternyata ada pengguna port 80, bila anda menemukan ada port 80, silahkan cata PID di sebelah kanan baris tersebut.

c. Selanjutnya kita cari tahu siapa aplikasi pemilik port tersebut. tekan tombol keyboard Ctrl+Alt+Del secara bersamaan kemudian pilih  task manager.


Silahkan pilih Name yang mempunyai PID pengguna port 80, lihat gambar, kemudian tekan tombol End task, Oh ya bila aplikasi tersebut tidak anda gunakan anda dapat melaksanakan uninstal untuk aplikasi tersebut, biar port 80 tidak digunakan lagi.

5. Jam di komputer server belum diseting dengan benar

Jika jam di komputer server belum diseting dengan benar, maka biasanya akan ada perbedaan antara jam di server unbk virtual box dengan jam di komputer server, untuk menyamakannya bukan di virtual mechine, tapi cukup perbaiki saja di komputer server daerah berjalannya virtual mesin yang digunakan untuk server unbk, pastikan jam diseting dengan benar, dan pilih time zone +7

Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

a. Lihat ke pojok kanan bawah di layar komputer Anda. Klik pada Angka Jam yang ada kemudian klik goresan pena Change Date and time setting.



Kemdian pada tampilan berikutnya tekan tombol Change time zone... menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:


Kemudian pada tampilan yang muncul pilih UTC+7:00, untuk bangkok, hanoy, jakarta menyerupai gambar di bawah ini:

Kemudian tekan OK, selain timezone atur juga Jam biar sesuai dengan waktu yang benar, kemudian tekan tombol Ok bila meminta restart, silahkan restart komputer anda. Jika Jam dan tanggal  setelah direstart tidak mau berubah berarti bermasalah dengan CMOS di mother board komputer yang harus anda ganti.

6. Salah menggunakan Server ID saat Login

Yang berikutnya penyebab aplikasi CBT SYNCH OFFLINE yaitu anda salah menggunakan server ID untuk login,

Untuk mendapat server ID anda dapat masuk ke situs ubk.kemdikbud.go.id, kemudian cari sajian  jadwal sinkronisasi, catat serveID yang muncul, kemudian gunakan untuk login.


7. Konfigurasi Jaringan Internet dari provider yang anda gunakan tidak cocok

Ini mungkin kurang di antisifasi, menyerupai apa yang saya alami, semua permasalahan diatas sudah diperbaiki, tapi aplikasi cbt synch tetap saja masih offline dengan pesan CBTSynch tidak terkoneksi ke server pusat, walaupun bahwasanya jaringan internet tidak duduk kasus alias online.

Bahkan saya putus asa, hingga menginsal ulang window, kemudian menciptakan konfigurasi server unbk dengam VHD yang baru, tapi tetap saja aplikasi CBTSynch masih offline.

Apa yang saya lakukan yaitu mengganti jaringan internet, jadi bila di lab anda kebetulan menggunakan lebih dari satu sumber jaringan internet berbeda, anda dapat mengganti jaringan internet yang anda pakai yang sedang digunakan dengan jaringan internet lain.

Untuk masalah saya, alasannya hanya ada 1 sumber jaringan internet yang digunakan sekolah, akibatnya saya mengganti jaringan internet dengan jaringan internet dari HP android melalui kabel USB.

Anda dapat coba cara ini sebagai cara terakhir bila aplikasi CBTSynch UNBK di komputer anda masih saja membandel tidak mau online. langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

  • Cabut Jaringan internet yang sedang digunakan komputer server, kemudian sambungkan jaringan internet dari sumber lain atau dapat dari HP menggunakan USB, bila tidak tau caranya anda dapat googleling bagaimana cara menghubungkan Jaringan internet HP Android dengan komputer melalui USB.
  • Tunggu Hingga Komputer Menerima jaringan Internet dan statusnya Online, cek saja kalo sudah dapat digunakan untuk browsing berarti jaringan internet sudah konek.
  • Jika sudah, tidak perlu melaksanakan konfirugasi lagi, Jalankan Lagi Aplikasi CBTSync anda menyerupai biasa.
  • Pastikan bahwa IP Address dari jaringan internet HP android anda atau sumber lain tidak menggunakan segmen 0 menyerupai contohnya 192.168.0.x alasannya akan bentrok dengan ip jaringan local UNBK. 

Cara di atas berhasil menciptakan aplikasi cbtsynch unbk di komputer server yang saya gunakan akibatnya Online dan dapat digunakan untuk sinkronisasi simulasi 3 2017, walaupun gres dapat sinkronisasi di hari ahad tanggal 5 maret 2017. semoga saja dapat juga di komputer anda.

Selamat melaksanakan UNBK semoga tidak ada trouble dan berjalan dengan lancar. 

Salam Proktor