TANAMAN TALOK YANG BERMANFAAT

 ciri dari tanaman ini adalah mempunyai bulu halus pada daunnya TANAMAN TALOK YANG BERMANFAAT

Selain rimbun daunnya, ciri dari tanaman ini adalah mempunyai bulu halus pada daunnya. Tanaman ini dapat tumbuh di mana saja di daerah tropis dengan ketinggian tanaman dapat mencapai empat meter. Tanaman ini jangan dipanjat, apa lagi jika Anda memanjat pada batang yang belum tua meskipun batangnya kelihatan besar, karena batang dari tanaman ini mudah patah.

 ciri dari tanaman ini adalah mempunyai bulu halus pada daunnya TANAMAN TALOK YANG BERMANFAAT

Tanaman talok di pinggir jalan sebagai peneduh


Tanaman talok yang tumbuh diantara tembok yang retak.


Tanaman talok muda disela batu yang berlumut.

Keberadannya sering dipandang sebelah mata walaupun sebenarnya banyak rahasia di balik khasiat dari daun dan buahnya. Tanaman ini sering dipanjat oleh anak-anak, mereka senang akan rasa buahnya yang manis. Rasanya yang khas membuat mereka selalu mencari buah ini meskipun harus susah payah memetik buah yang ada di ranting yang tidak mudah untuk dijangkau. Buahnya berbentuk bulat berwarna hijau jika masih muda dan merah jika sudah tua. Talok mempunyai kulit yang tipis dan enak dimakan serta biji kecil banyak terdapat pada daging buahnya.


Tanaman talok yang sedang berbunga.

Ternyata khasiat dari buah talok ini dapat mengalahkan minuman isotonik yang beredar di pasaran saat ini. Dari 100 gram buah talok terkandung air sebesar 77,8 gram, protein 0,384 gram, lemak 1,56 gram, karbohidrat 17,9 gram, serat 4,6 gram, abu 1,14 gram, kalsium 124,6 miligram, fosfor 84 miligram, besi 1,18 miligram, karoten 0,019 gram, tianin 0,065 gram, ribofalin 0,037 gram, niacin 0,554 gram, dan vitamin C 80,5 miligram. Sedangkan nilai energi yang dihasilkan dalam 100 gram buah talok adalah 380 Kilojoule.


Buah talok yang masih muda.

Banyak khasiat dari daun dan buah talok ini. Daun talok yang direbus dapat sebagai antiseptik yang dapat membunuh bakteri C. Diptheriea, S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rizhophil. Selain itu, daun talok yang direbus juga sebagai antiflamasi (anti radang), dapat sebagai penurun panas, dan antitumor. Antitumor dihasilkan pada kandungan daun talok yang berupa senyawa flavonoid.

Selain khasiat pada daunnya, buahnya dapat berkhasiat untuk penyembuhan penyakit asam urat. Jika Anda pernah mengalami penyakit asam urat tak ada salahnya Anda mencoba tips berikut. Ambil sembilan buah talok yang sudah matang berwarna merah tua, sebaiknya langsung dari pohon jangan disimpan di kulkas terlebih dahulu. Cuci dengan air bersih kemudian dimakan. Lakukan tiga kali sehari pagi, siang, dan sore. Banyak yang sudah mencoba, rasa nyeri asam urat dapar reda dan sembuh.

Pernah saya melihat di sebuah kantin rumah sakit swasta di daerah Jawa tengah di mana di dekat kantin tersebut banyak tumbuh tanaman talok yang rimbun. Dari beberapa kantin yang ada di sana, jus buah talok sangat populer. Harga satu gelas jus ini lumayan mahal bila dibandingkan dengan jus buah pada umumnya, yaitu sepuluh ribu rupiah. Keterangan yang saya dapatkan dari pemilik kantin mengatakan kalau buah ini berkhasiat untuk menyembuhkan asam urat. Benar juga, meskipun mahal jus buah talok ini banyak yang membelinya, bahkan pemilik kantin tak jarang kewalahan memenuhi permintaan pembeli. Buah talok pun sering didatangkan dari tempat lain karena persediaan yang ada sudah habis.

disarikan dari : kampungberita.com