Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part-5

Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 bagian ke-5 merupakan lanjutan soal essay sejarah kelas 11 semester satu bagian ke-4 (soal nomor 16-20), dimana bagian kelima ini berisikan Bab yang sama dengan sebelumnya yaitu "Pergerakan Nasional Indonesia dalam upaya membangun Jati diri Keindonesiaan", tetapi berbeda sub pokok bahasannya.

Berikut, contoh soal essay sejarah dengan sub pokok bahasan tentang Perkembangan Paham Nasionalisme yang mendorong Lahirnya Pergerakan Nasional, dimulai dari soal nomor 21.

21. Apa saja nasionalisme Asia yang memengaruhi terbentuknya pergerakan nasional Indonesia?
Jawaban: Kemenangan Jepang atas Rusia pada 1905 dan model pergerakan nasional yang dilakukan oleh Mahatma Gandhi di India, Mustapha Kemal Pasha di Turki, serta Dr. Sun Yat Sen di Cina telah memberikan inspirasi bagi kalangan terpelajar nasionalis Indonesia bahwa imprealisme Belanda dapat dilawan mellaui organisasi modern dengan cara memajukan ekonomi, pendidikan, sosial, budaya, dan politik pada bangsa Indonesia terlebih dahulu sebelum memperjuangkan kemerdekaan

22. Sebutkan tokoh-tokoh pribumi dan nama sekolah kebangsaan yang didirikannya!
Jawaban: Ki Hajar Dewantara mendiirkan Taman Siswa, Douwes Dekker mendirikan Ksatrian School, Moh. Syafei mendirikan INS Kayu Tanam.

23. Kejayaan kerajaan manakah yang menyebabkan bangsa Indonesia mengadakan pergerakan nasional?
Jawaban: Kejayaan kerajaan Sriwijaya dan Majapahit

24. Sebutkan contoh cerdik cendekiawan yang memelopori terbentuknya pergerakan nasional Indonesia!
Jawaban: HOS Cokroaminoto, Ir. Soekarno, dr. Wahidin Sudirohusodo, K.H. Samanhudi, Douwes Dekker, Suwardi Suryaningrat, dan lain sebagainya.

25. Apa yang dimaksud pergerakan nasional?
Jawaban: pergerakan nasional adalah suatu bentuk perlawanan terhadap kaum penjajah yang dilaksanakan tidak dengan menggunakan kekuatan bersenjata, tetapi menggunakan organisasi yang bergerak di bidang sosial, budaya, ekonomi, dan politik

Lanjut ke soal nomor 26-30 => Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part-6