Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta JawabanPart-9

Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-9 - Soal-soal essai sejarah peminatan kelas 10 semester genap kurikulum 2013 edisi revisi SMA/MA postingan admin yang sedang anda baca ini, merupakan materi yang diambil dari Bab 3, "Sejarah Peradaban Awal Dunia". Tentunya berbeda dengan soal essay bagian ke-1, "soal penelitian sejarah" yang diambil dari Bab 1 sampai dengan bagian ke-8 (soal nomor 101-110) yang diambil dari Bab 2 "manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern".

Selain itu, materi soal essay sejarah peminatan bagian ke-9 merupakan materi setelah siswa menyelesaikan pekan UTS/PTS sejarah peminatan. Ada beberapa sub pokok bahasan dalam soal-soal sejarah yang diambil dari Bab3..dan khusus untuk tulisan ini, berisikan essay tentang peradaban lembah Sungai Indus (India Kuno), dan peradaban lembah Sungai Kuning (Cina Kuno).

Berikut dibawah ini, soal sejarah peminatan kelas x semester genap dilengkapi kunci jawaban kurtilas dalam bentuk essay dengan pertanyaan dimulai dari nomor 111.

111. Sebutkan bagian dari kitab Tripitaka beserta isinya dalam ajaran agama Buddha!
Jawaban:
- Vinayapitaka, berisi hukum dan peraturan hidup;
- Sutrantapitaka, berisi wejangan-wejangan Buddha;
- Abdhidharmapitaka, berisi penjelasan tentang keagamaan.

112. Sebutkan jalan kebenaran menurut ajaran Buddha!
Jawaban: mempunyai pandangan yang benar, mempunyai niat yang benar, berkata-kata yang benar, bertingkah laku yang benar, mencari nafkah yang benar, berusaha yang benar, memerhatikan hal-hal yang benar, dan bersemedi yang benar.

113. Jelaskan faktor penyebab lenyapnya peradaban lembah Sungai Indus!
Jawaban: pada tahun 2000 Sebelum Masehi, bangsa Arya dari Asia Tengah memasuki India dan menghancurkan kebudayaan Mohenjo Daro dan Harappa. Hal inilah yang menyebabkan hancurnya peradaban bangsa Dravida.

114. Sebutkan kasta yang ada dalam ajaran Hindu!
Jawaban:
- Kasta Brahmana, terdiri atas para pendeta yang bertugas dibidang keagamaaan;
- Kasta Ksatria, terdiri atas raja dan bangsawan yang menjadi pemegang pemerintahan;
- Kasta Waisaya, terdiri atas para petani dan pedagang;
- Kasta Sudra, terdiri atas budak.

115. Sebutkan bukti-bukti tingginya peradaban lembah Sungai Indus!
Jawaban: bukti tingginya peradaban sungai Indus, antara lain jalan raya dibuat lurus dan lebar, tata kota yang lebih baik, rumah-rumah berjajar teratur yang terbuat dari batu bata, sumur-sumur terawatt baik dan dikelilingi tembok bata, untuk memelihara kesehatan dan kebsersihan dibuat saluran air, bak-bak sampah, dan sanitasi yang teratur, di tengah kota dibangun pemandian umum yang diperkirakan sebagai tempat untuk menyucikan diri.

116. Mengapa peninggalan peradaban lembah Sungai Hoang Ho sebagian besar berada di sekitar sungai tersebut?
Jawaban: peradaban lembah sungai Hoang Ho sebagian besar berada di sekitar sungai karena dari segi pemanfaatan alam, di daerah sungai itulah kehidupan manusia awalnya berpusat. Sebagian besar kemudahan dan fasilitas diberikan sungai tersebut.

117. Jelaskan isi pokok ajaran konfusianisme!
Jawaban: menurut ajaran ini orang-orang Cina harus kembali pada tradisi leluhur dan manusia harus dapat menempatkan diri sesuai dengan kedudukannya sehingga akan tercapai keselarasan. Dalam bidang pemerintahan, Kung Fu Tse berpendapat bahwa raja harus memperhatikan rakyatnya dan rakyat harus menghormati raja.

118. Jelaskan tujuan dibangunnya tembok besar Cina!
Jawaban: tujuan pembuatan tembok besar Cina adalah untuk menahan serangan suku bangsa Syung Nu dari Cina Utara maupun dari suku barbar lainnya.

119. Mengapa akhirnya sistem pemerintahan dinasti di Cina mengalami keruntuhan dan diganti dengan sistem republik?
Jawaban: karena terjadi revolusi 10 Oktober 1912 di mana rakyat Cina di bawah pimpinan Dr. Sun Yat Sen mengobarkan semangat nasionalisme dan melahirkan pemerintahan republik.

120. Sebutkan minimal lima dinasti yang pernah berkuasa di Cina!
Jawaban: Dinasti Syang, Dinasti Chou, Dinasti Chin, Dinasti Han, Dinasti Sui, Dinasti Tiang, Dinasti Sung, Dinasti Mongol (Yuan), Dinasti Ming, Dinasti Manchu

Lanjut ke soal nomor 121-130 => Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-10