Selasa, 02 Maret 2021

Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta JawabanPart-7

Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-7 - Soal-soal essai sejarah peminatan kelas 10 semester genap SMA/MA kurikulum 2013 postingan ketujuh kali ini, masih berisikan materi yang diambil dari Bab 2, "Manusia Purba Indonesia dan Dunia dengan Manusia Modern". Selain itu, bagian ketujuh merupakan lanjutan materi sebelumnya, yaitu soal essay sejarah peminatan bagian ke-4 sampai bagian ke-6 (soal nomor 71-85).

Berikut dibawah ini, soal essay sejarah peminatan dilengkapi kunci jawaban untuk siswa/i kelas x semester genap kurtilas edisi revisi, dengan pertanyaan dimulai dari nomor 86.

86. Terangkan yang dimaksud fetisisme!
Jawaban: fetisisme adalah kepercayaan adanya jiwa dalam benda tertentu (dalam keris, batu mulia/akik).

87. Sebutkan dua fakta hubungan kultural Sa Huynh dengan para tetangga Indo-Cinanya!
Jawaban: ada dua fakta yang panas untuk dicatat terkait hubungan kultural Sa Huynh dengan para tetangga Indo-Chinanya sebagai berikut.
a. Sangat sedikit artefak Dongson di situs-situs Sa Huynh.
b. Situs-situs ini lebih banyak menghadirkan artefak-artefak besi daripada perunggu.

88. Sebutkan nama-nama benua di dunia yang menjadi temuan manusia purba!
Jawaban: Asia, Eropa, dan Afrika

89. Apa yang Anda ketahui tentang kebudayaan Dongson?
Jawaban: Kebudayaan Dongson merupakan kebudayaan perunggu yang ada di Asia Tenggara. Daerah Dongson merupakan pusat kebudayaan perunggu di Asia Tenggara. Di daerah Dongson ditemukan segala macam alat-alat perunggu, alat-alat dari besi, serta kuburan darimasa itu. Dongson adalah nama daerah di Tonkin.
Kebudayaan Dongson diperkirakan berlangsung pada tahun 1500 Sebelum Masehi – 500 Sebelum Masehi. Bertempat di kawasan Sungai Ma, Vietnam.

90. Bagaimanakah pola tempat tinggal manusia praaksara?
Jawaban: dalam buku Indonesia Dalam Arus Sejarah, Jilid I menerangkan bahwa pola hunian manusia purba pada masa itumemerhitungkan tempat yang strategis dengan melihat bahwa huniannya yang berupa gua (cave) dekat dengan sumber mata air (sungai, bahkan sumber mata air) dan bahan makanan.

91. Manusia purba jenis Homo wajakensis ditemukan oleh….
Jawaban: Von Rietschoten dan Dr. Eugene Dubois

92. Sebutkan ciri-ciri pokok kebudayaan Bacson-Hoabinh!
Jawaban: ciri pokok budaya Bacson-Hoabinh, antara lain pembuatan alat kelengkapan hidup manusia yang terbuat dari batu. Batu yang dipakai untuk alat umumnya berasal dari batu kerakal sungai. Alat batu ini telah dikerjakan dengan teknik penyerpihan menyeluruh pada satu atau dua sisi batu. Hasil penyerpihan menunjukkan adanya keragaman bentuk. Ada yang berbentuk lonjong, segi empat, segi tiga dan beberapa di antaranya ada yang berpinggang.

93. Manusia Gunung Carmel ditemukan di….
Jawaban: gua-gua Tabun serta skhul Palestina

94. Manusia purba yang fosilnya ditemukan di gua Naga daerah Peking, Cina oleh Davidson Black dan Franz Weidenreich adalah….
Jawaban: Homo erectus Pekinensis

95. Manusia purba jenis Homo florensis ditemukan saat penggalian di….
Jawaban: Liang Bua, Flores

96. Jelaskan pengaruh budaya Hoabinh di kepulauan Indonesia!
Jawaban: pengaruh budaya Hoabinh di kepulauan Indonesia sebagian besar terdapat di daerah Sumatra. Hal ini lebih dikarenakan letaknya yang lebih dekat dengan tempat asal budaya ini. Situs-situs Hoabinh di Sumatra secara khusus banyak ditemukan di daerah pedalaman pantai Timur Laut Sumatra, tepatnya sekitar 130 km antara Lhokseumawe dan Medan. Sebagian besar alat batu yang ditemukan adalah alat batu kerakal yang diserpih pada satu sisi dengan bentuk lonjong atau bulat telur.

97. Tinggi tubuh Pithencanthropus antara….
Jawaban: 165-180 cm

98.  Fosil manusia purba jenis Pithencanthropus erectus ditemukan di desa….
Jawaban: Trinil, Lembah Bengawan Solo

99. Pithencanthropus mojokertensis ditemukan oleh….
Jawaban: Von Koenigswald

100. Pithencanthropus mojokertensis disebut juga dengan….
Jawaban: Pithecanthropus robustus

Lanjut ke soal nomor 101-110 => Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-8