Resep - Cara Membuat Bakso Ikan Menyegarkan

Resep Bakso Ikan - Makanan bakso berasal dari kuliner Tionghoa Indonesia. Dibuktikan dari kata bakso yang bersumber dari kata Bak-So dari dialek Hokkien yang berarti daging giling. Dikarenakan mayoritas masyarakat Indonesia merupakan orang muslim, oleh karena itu bakso lebih lazim terbikin dari daging halal misalnya daging sapi, daging ikan dan daging ayam. Saat ini, mayoritas pedagang bakso berasal dari daerah Wonogiri Jawa Tengah dan daerah Malang Jawa Timur. Lokasi yang populer merupakan sentra bakso ialah kota Solo dan kota Malang dengan sebutan Bakso Malang. Baik bakso Solo ataupun bakso Malang merupakan masakan yang dihidangkan dengan rasa khas Jawa. Bakso memang bermula dari negara China dan lain dibanding bakso Malang dan bakso Solo.
Resep Masakan, Resep Makanan, resep kuah bakso, resep bakso sapi kenyal, resep bakso sapi, resep bakso solo, resep bakso ayam, resep bakso ikan, resep bakso kenyal, resep bakso goreng,

Bakso dari Cina seringnya dibuat dari daging babi maupun ikan laut dengan warna sedikit kecokelatan juga bentuknya tak begitu bulat. Adapun bakso Malang dan bakso Solo diproduksi dari daging sapi, mempunyai warna abu abu dengan bentuk bulat. Bakso dari Cina umumnya tak dihidangkan bersama kuah banyak, lain dengan bakso Malang dan bakso Solo yang dihidangkan bersama kuah yang banyak. Walaupun belum sepopuler bakso dari daging sapi,namun bakso ikan pun mempunyai cita rasa yang khas dan segar. Bakso ikan tak cuma nikmat menjadi cemilan, namun boleh juga dihidangkan bersama kuah dengan aroma daging ayam. Sensasi dan rasanya betul-betul mampu membuat lidah bergoyang. Mau tahu cara membuat bakso ikan yang sedap dan menyegarkan ? Simak yang berikut ini :


Bahan bahan bakso ikan adalah :

300 gram daging ikan tenggiri yang sudah digiling halus.
2 butir telur ayam.
4 sendok makan tepung sagu.
2 sendok makan tepung terigu.
4 buah bawang putih dihaluskan.
1 sendok teh garam atau sesuai keperluan.
1/2 sendok teh merica bubuk.

Bahan bahan untuk kuah :

200 ml air kaldu ayam.
1 sdt garam.
1/2 sendok teh merica bubuk.
2 sendok makan kecap ikan.
200 gram sawi hijau.
3 batang daun bawang.


- Cara membuat bakso, campurkan daging ikan giling bersama telur, tepung sagu plus tepung terigu. Kocok sampai rata. Masukkan bawang putih, garam serta merica bubuk, kemudian uleni sampai jadi adonan yang mudah dibentuk. Nyalakan api dan panasi minyak dalam wajan. Buat adonan menjadi bulat-bulat menggunakan pertolongan dua buah sendok kemudian goreng dengan minyak panas sampai masak lalu Angkat.

- Cara membuat kuah bakso, masak sampai mendidih air kaldu, tambahkan garam, merica serbuk plus kecap ikan. Aduk aduk sampai tercampur merata. Paling akhir, masukkan sawi hijau kemudian aduk sampai layu. Angkat. Tempatkan bakso ikan dalam mangkuk, tuangkan kuah panas, hidangkan selagi hangat dengan ditambah saus sambal ataupun saus tomat. Resep tadi untuk 4 orang.