Resep - Cara Membuat Risoles

Resep Risoles - Risoles yang dalam bahasa Belanda disebut 'rissole' merupakan pastri dengan isi daging cincang plus sayuran yang dibalut dadar kemudian digoreng sesudah dilapis tepung panir beserta kocokan telur. Risoles dengan ukuran kecil bisa juga digunakan menjadi hiasan pada sajian dari potongan daging unggas maupun daging sapi. Risoles bisa berisi daging ayam, daging sapi, udang, ikan, jamur kancing, wortel, buncis dan kentang. Adonan dadar diolah dari paduan terigu, kuning telur, butter dan air.
Resep Makanan, cara membuat kulit risoles,resep risoles ragout,resep risoles sayuran,resep american risoles,resep risoles mayonaise,resep risoles keju,resep risoles enak,resep risoles daging asap,

Dua macam risoles yang populer di Indonesia ialah risoles sayur dengan campuran daging tumis, dan risoles ragout. Risoles boleh disantap bersama saus kacang, sambal botolan ataupun cabe rawit. Dan kali ini kita akan membuat risoles berisi daging ayam yang mempunyai rasa istimewa.

Bahan bahan yang digunakan :

4 butir telur dikocok sejenak
5 sendok makan susu bubuk, larutkan menggunakan 1/2 liter air
1 sendok teh garam
1/4 kg terigu
2 sendok makan margarin dilumerkan
Minyak goreng untuk menggoreng

Bahan bahan untuk isi :

3 sendok makan margarin buat menumis
5 siung bawang putih ditumbuk halus
400 gram daging ayam tanpa tulang, iris kecil kecil
300 gram udang yang sudah dikupas
1 sendok teh bubuk merica
Garam sesuai kebutuhan
1 sendok teh gula pasir
400 cc air
5 sendok makan susu bubuk
70 gram terigu
2 tangkai daun bawang digunakan batang putihnya dan dirajang kecil
2 tangkai daun seledri dirajang kecil

Bahan untuk pelapis : 1 butir telur dikocok, 150 gram tepung panir


- Membuat kulit, tuangkan campuran telur dan susu cair pada tepung terigu sedikit sedikit sembari diaduk sampai adonan menjadi licin dan tak berbutir. Biarkan kurang lebih satu jam.

- Panaskan margarin di wajan datar antilengket, tambahkan satu sendok sayur adonan dan buat dadar tipis dengan garis tengah 10 cm, angkat. Lakukan sampai adonan habis.

- Membuat isi, bawang putih ditumis sampai wangi dengan warna kuning kecoklatan. Tambahkan daging ayam dan udang, aduk-aduk rata. Tambahkan garam, bubuk merica dan gula. Tuangkan larutan susu dan terigu yang sudah dilarutkan menggunakan air, aduk-aduk rata. Tuangkan sisa air, panaskan sembari diaduk sampai matang dan kental, sisihkan. Masukkan irisan daun bawang beserta daun seledri.

- Ambil satu lembar kulit risoles, berikan 1 sendok makan isian, lipat tepi kulit menjadi bentuk persegi. Buat bentuk segitiga. Celup dalam kocokan telur dan guling gulingkan pada tepung panir.

- Panaskan minyak dan goreng menggunakan minyak goreng panas sampai kuning kecoklatan. Angkat dari penggorengan dan tiriskan.

- Risoles hangat yang lezat siap disajikan. Resep di atas cukup untuk membuat 6 porsi. Selamat mencoba!