Resep - Cara Membuat Kuah Bakso Segar Dan Nikmat

Resep Kuah Bakso merupakan makanan berbentuk bola daging yang lumrah dijumpai dalam masakan Indonesia. Bakso kebanyakan diolah dari adonan daging sapi giling plus tepung tapioka. Namun ada pula bakso dari daging ikan, ayam maupun udang. Cara makan bakso lazimnya dihidangkan panas bersama kuah bening, ditambah mie, bihun, taoge, tahu goreng dan kadang kala telur. Sebagai penyedap, ditambahkan pula bawang goreng serta irisan seledri. Bakso adalah makanan favorit yang bisa dijumpai di setiap tempat mulai gerobak kaki lima sampai restoran besar pun menghidangkan menu bakso. Bermacam jenis bakso saat ini telah banyak dijual dalam bentuk beku yang ditawarkan di sejumlah pasar swalayan maupun mal. Potongan bakso bisa pula digunakan sebagai pelengkap masakan lain misalnya nasi goreng, mie goreng dan capcai.
Resep Makanan, resep kuah bakso abang abang, resep kuah bakso ayam, resep kuah bakso afung, resep kuah bakso solo, resep kuah bakso spesial, resep kuah bakso gurih, cara kuah bakso ikan, Membuat bakso bening,

Dikarenakan bakso berasal dari daging, untuk itu hendaknya bakso ditempatkan dalam keadaan beku bila tak segera dikonsumsi. Dikarenakan alasan itulah bakso dijual dengan keadaan beku di supermarket guna menjaga suhu supaya bakso bisa terjaga kualitasnya dan tak tercemar bakteri. Konsumen pun harus hati-hati ketika memilih bakso yang dijajakan penjual bakso keliling. Bakso yang dijajakan namun dipajang pada etalase dengan suhu ruang rentan terkontaminasi bakteri, contohnya bakteri pemicu diare maupun salmonella pemicu sakit tifus. Pilih saja bakso yang sedang dimasak.

Di samping bulatan bakso, kuah bakso pun menentukan enak tidaknya menu bakso. Membuat kuah bakso tidak lah sulit. Dapat diolah dari daging yang mempunyai lapisan lemak maupun dari tulang sapi. Berikut adalah cara membuat kuah bakso dari tulang sapi. Kuah bakso bening, dengan aroma kaldu sapi yang mantap dan rasa gurih adalah ciri khas kuah bakso yang lezat. Kuah bakso dapat dibuat sendiri, ayo lakukan cara caranya sebagai berikut :

1.Tulang sapi
Sediakan 1 potong tulang sapi dengan ukuran menengah yang dapat dibeli pada pedagang daging sapi. Potong jadi tiga bagian.

2. Bahan bahan untuk bumbu
Untuk bumbu, sediakan 12 butir bawang putih yang telah dimemarkan, 4 kaldu ayam dadu, 2 sdt bubuk merica dan 1 sdm garam

3. Air
Masak 3 liter air sampai mendidih menggunakan api sedang. Masukkan tulang sapi kemudian didihkan beberapa saat kemudian kecilkan api kompor.

4. Proses merebus
Tambahkan bawang putih yang telah dimemarkan. Rebus menggunakan api kecil sampai mendidih dalam 1 jam dan tinggal 1/3 bagian.

5. Bumbu untuk kuah
Tambahkan kaldu ayam, bubuk merica plus garam. Panaskan lagi menggunakan api kecil sampai mendidih sebentar kemudian matikan api kompor.

6. Kuah
Ambil tulang sapi, kemudian ambil sumsum dari dalam tulang sapi dan tambahkan dalam kaldu. Kaldu akan sedikit kecokelatan. Kaldu siap dimasukkan dalam kuah bakso. Berikan sedikit garam kalau tak begitu asin.