Resep - Cara Membuat Sushi

Cara Membuat Sushi - Kenikmatan rasa unik dari sushi dan kekhasan bahan bakunya menarik perhatian sejumlah penggemarnya untuk mencoba membuat sendiri makanan khas Jepang tersebut. Bahan utama sushi ialah nasi sushi. Akan tetapi, tak setiap jenis beras dapat dibuat nasi sushi. Satu diantara syarat nasi sushi yang baik ialah kadar kelengketan nasinya. Umumnya nasi sushi diolah dari beras Jepang yang teksturnya serupa beras ketan.


cara membuat sushi sederhana,cara membuat sushi roll,resep nasi sushi,cara membuat onigiri,cara membuat sushi salmon,cara membuat sushi matang,cara membuat sushi jepang,resep sushi,
Baca juga : Resep - Cara Membuat Soto Sukaraja Dan Pekalongan
Guna mensiasati susahnya memperoleh beras Jepang, Anda boleh memakai beras lokal Indonesia. Sebelumnya anda harus paham perbedaan tekstur kedua jenis beras tersebut yaitu tingkat kepulenan dan kelengketannya.

Oleh karena itu untuk membuat tekstur beras lokal Indonesia hingga seperti beras Jepang, gunakan beras pulen dengan mutu bagus. Berikutnya, tambahkan sejumlah kecil beras ketan dalam beras tersebut ketika diolah. Supaya kadar lengketnya tepat dan masih pulen, perbandingan pencampuran beras dan beras ketan yang dipakai ialah 1 : 10. Jadi bila menggunakan 1 kg bahan, maka yang 100 gram adalah beras ketan.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

1 ons beras pulen
10 gram beras ketan
4 lembar Nori
Cuka makan sesuai kebutuhan
2 sdm gula pasir
1 sdt garam
3 sdm air matang
4 buah sosis sapi
8 buah kentang stik
4 buah nugget
3 butir telur dibuat dadar
1 buah wortel direbus


  • Wortel direbus hingga matang , telur dibuat dadar sebanyak 3 buah. Nugget ,kentang dan sosis digoreng hingga matang.

  • Beras dicampur dengan beras ketan dan diaron beberapa saat sesudah itu dikukus hingga matang. Gula ,cuka dan garam dilarutkan menggunakan 3 sendok makan air dan dimasukkan ke dalam nasi kukus. Sebaiknya anda mencicipinya dulu supaya rasa asam, manis dan asin pas. Sesudah matang angkat dan sisihkan

  • Tempatkan selembar nori, tambahkan nasi panas diatasnya kira-kira dengan tebal 1/2 cm dan upayakan tidak menutup nori semuanya. Sisakan sisi atas nori supaya ketika melipat nori bisa tertutup secara baik.

  • Tata telur dadar di atas nasi selanjutnya susun bahan isian di tepi nasi yang sudah ditata. Gulung sushi pelan-pelan sembari sedikit ditekan agar memadat. Berikan alas plastik di bawah nori supaya lebih mudah digulung, tak mesti menggunakan bambu yang sering dipakai untuk menggulung sushi.

  • Sushi siap diiris dan dimakan bareng keluarga tercinta.

Walaupun terkesan agak ribet, namun ketika anda berhasil membuatnya tentu ada kepuasan tersendiri. Anda boleh kok melibatkan seluruh anggota keluarga untuk membuat makanan populer dari Jepang ini. Dibuat bersama dan dinikmati bersama tentu sangat mengasyikkan. Nah selamat mencoba!