Resep - Cara Membuat Susu Kedelai

Cara Membuat Susu Kedelai - Susu kedelai adalah salah satu sumber protein nabati yang bagus untuk tubuh. Cita rasanya hampir sama dengan susu sapi, gurih. Bila ingin mempertahankan bobot tubuh tetap ideal dan sehat, dianjurkan minum susu kedelai tiap pagi hari. Susu kedelai dibuat dari sari kedelai. Cara membuat susu kedelai itu mudah, biasanya kedelai dicuci, direndam dalam air sampai empuk kemudian direbus. Kemudian kedelai dihaluskan menggunakan blender, disaring dan terakhir direbus lagi sampai mendididih.

cara membuat susu kedelai,manfaat susu kedelai,susu kedelai bubuk,susu kedelai murni,susu kedelai yang enak,resep membuat susu kedelai,susu kedelai rasa buah,susu kedelai alami,
Baca juga : Resep - Cara Membuat Shusi

Susu kedelai yang masih panas seringnya dicampurkan gula atau ditambahkan sejumlah kecil vanili supaya baunya harum. Bila tak dicampur gula, minuman segar menyehatkan ini memiliki kandungan gula yang sedikit. Dibandingkan susu sapi, susu kedelai cuma memiliki kandungan 7 g gula tiap 200 cc sementara susu sapi sampai 12 g. Susu kedelai pun memiliki kandungan sejumlah kecil kalori, yaitu 80 kalori saja yang sama dengan susu cream. Kandungan asam lemak tak jenuh dalam susu ini pun bisa mencegah absorbsi lemak dalam usus. Hal tersebut sangat bermanfaat dalam program penurunan berat tubuh.

Konsentrasi serat yang tinggi, menjadikan susu kedelai bisa mencukupi kebutuhan serat setiap hari. Malah apabila diminum banyak akan mengakibatkan anda kenyang lebih lama. Sebab itulah susu kedelai bagus diminum oleh mereka yang bermaksud mempertahankan berat badan ideal. Suatu riset memperlihatkan bahwa rajin mengkonsumsi susu kedelai bisa mengurangi konsentrasi kolesterol jahat. Dengan begitu akan menghindarkan dari resiko menderita gangguan jantung maupun stroke. Susu kedelai pun melimpah akan kalsium dan vitamin D guna menghambat munculnya osteoporosis. Bila ingin memangkas porsi makan, susu kedelai pas diminum ketika makan pagi untuk pengganti susu sapi.


  • Cuci biji kedelai 1/2 mangkuk menggunakan air mengalir.

  • Kedelai direndam semalaman dalam air sampai terendam semua.

  • Kedelai ditiriskan dan dibilas dalam saringan.

  • Haluskan kedelai menggunakan blender bersama air seperlunya hingga jadi bubur.

  • Masukkan bubur biji kedelai dalam panci dan tambahkan satu liter air, rebus. Aduk-aduk terus sampai mendidih. Biarkan kurang lebih 20 menit dengan diaduk-aduk terus.

  • Sari kedelai disaring menggunakan kain bersih dan tampung dalam mangkuk. Hasil yang didapat adalah susu kedelai.

  • Tempatkan dalam kulkas.

  • Untuk penyajian, campurkan 1 atau 2 sendok makan gula, madu ataupun sirup bila Anda suka. Atau anda pun boleh memasukkan sejumlah kecil garam, kurang lebih 1/2 sendok teh.

  • Susu kedelai mampu bertahan dalam kulkas hingga 3 hari.

  • Anda pun bisa meracik smoothies susu kedelai dengan mengkombinasikan sejumlah buah segar misalnya pisang ataupun buah beku.

  • Susu kedelai yang nikmat sekaligus menyehatkan siap untuk diminum.