Resep - Cara Membuat Rengginang

Resep Rengginang - Rengginang merupakan kerupuk yang dibuat dari nasi ataupun beras ketan yang dikeringkan lewat dijemur di bawah matahari kemudian digoreng dalam minyak goreng panas. Sedikit berbeda dari kerupuk lain yang seringnya dibuat dari adonan yang dihaluskan misalnya tepung tapioka juga biji melinjo yang digepengkan, nasi untuk membuat rengginang tak dihaluskan dengan begitu bulir nasi atau ketannya tetap terlihat. Acapkali rengginang diolah dari nasi sisa yang tidak habis dimakan, kemudian dijemur hingga kering untuk selanjutnya digoreng dan dibuat rengginang.
resep rengginang dari nasi,resep rengginang enak,resep rengginang udang,resep rengginang manis,resep rengginang keju,singkong,resep sedap udang rengginang goreng,

Resep Rengginang


Di daerah Jawa Tengah terkenal juga makanan yang mirip yang dinamakan intip, yaitu kerak sisa menanak nasi yang menempel pada dasar dandang yang selanjutnya dijemur dan digoreng. Beda intip dan rengginang cuma ukurannya saja, intip lebih besar dari rengginang sebab dibuat dengan ukuran dandang atau periuk nasi.

Rengginang bisa digoreng dengan tidak usah dibumbui ataupun dibumbui dengan rasa asin ataupun manis. Terdapat juga rengginang yang ditambahkan rasa udang, rasa terasi, ataupun kerang lorjuk. Rengginang Lorjuk adalah rengginang asli dari daerah Madura. Lorjuk sendiri termasuk mollusca dengan cangkang dua yang bentuknya menyerupai bambu namun kecil atau lazim juga dinamakan Kerang Bambu atau dalam bahasa Inggris disebut Razor Clam. Penganan yang dikenal gurih dan nikmat ini sudah begitu familiar di kalangan warga Madura. Tambahan lorjuk pada adonan rengginang menjadikan citarasa dan baunya benar-benar khas.

Di kala senggang memang paling asyik dengan aneka kudapan yang dimakan sembari menonton acara kesukaan di TV. Anda bisa membuat rengginang menjadi teman anda menonton TV bersama keluarga. Cara membuat rengginang itu tak sulit dan tak butuh aneka bahan. Yang harus diingat supaya rengginang bisa mengembang sempurna adalah ketika menggoreng, minyak goreng yang digunakan harus benar-benar panas dan banyak.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

500 gram beras ketan, dicuci hingga bersih dan selanjutnya direndam selama sejam
2,5 sdt garam
1 sdt gula pasir
150 cc air

Bahan bahan bumbu dihaluskan :

3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah cabe merah
2 sdt ketumbar
1 sdm ebi


- Beras ketan dikukus selama 15 menit.

- Campurkan dalam satu wadah bumbu halus, garam, gula dan beras ketan.

- Rebus air. Tambahkan ketan kukus. Aduk-aduk agar meresap.

- Kukus kembali hingga matang kurang lebih selama 1/2 jam.

- Buat bentuk bulat kira kira 25 g tiap satu rengginang, letakkan pada tampah. Lebarkan dengan cara menekan nekannya menggunakan sendok. Keringkan di bawah terik matahari.

- Panaskan minyak goreng dan goreng rengginang menggunakan api sedang hingga matang dan mengembang.

- Angkat dan tiriskan. Setelah dingin simpan rengginang dalam wadah tertutup rapat atau dikemas dalam plastik rapat.