Resep - Cara Membuat Bakwan Gurih

Resep Bakwan - Tak tahu mau masak apa untuk hidangan santai bareng keluarga ataupun saudara? Kala kumpul bareng keluarga ataupun kerabat akan lebih mengasyikkan apabila menyantap gorengan hangat nan nikmat. Satu diantara gorengan lezat dan mempunyai nilai gizi pasti lah bakwan dengan bermacam sayuran sebagai isi misalnya wortel, tauge, kol serta buncis. Bakwan merupakan gorengan yang terbikin dari sayuran dan tepung terigu dan umum dijumpai di Indonesia. Di daerah Jawa Barat bakwan dinamakan dengan 'bala-bala'. Bakwan ini serupa dengan masakan khas dari Jepang yaitu yasai tenpura (tempura isi sayur).
resep bakwan sayur garing, resep bakwan goreng, resep bakwan udang, resep bakwan jagung crispy, resep bakwan tahu, resep bakwan jagung, resep bakwan jagung renyah, resep bakwan renyah, Resep Masakan,

Makanan bakwan sebetulnya berawal dari negeri Cina yang kentara pada kata Bak (?) artinya daging. Istilah tersebut sama dengan panganan lain yang mempunyai asal sama misalnya bakpao yaitu roti dengan isi daging), bakso yaitu bola bola berisi daging, bakmi yakni mie dengan kandungan daging, bakpia berupa kue daging dengan isi kacang hijau dan bacang berupa makanan daging cacah. Di kala berlangsung perdagangan sekaligus asimilasi budaya di Indonesia, resep makanan juga ikut berbaur, akibatnya memberi pengaruh pada masakan tradisional ketika itu. Pemakaian kata bak tetap dipakai kendati bakwan tak lagi dengan isi daging atau udang.

Bakwan yang sering dijajakan di kaki lima acapkali tak cukup higenis dan sehat sebab memakai minyak bekas pakai berulang-kali dan sering memakai bahan bahan yang tak cukup bersih. Kendati lumayan repot, tiada jeleknya untuk Anda membuat bakwan sendiri bagi keluarga di rumah. Di samping lebih higenis, bakwan bikinan sendiri pasti lebih lezat sebab Anda boleh menambah sendiri bumbu bumbunya. Pengin tahu bagaimana cara membuat bakwan yang higenis dan sekaligus lezat ? Berikut langkah langkah membuat bakwan enak :

1. Tauge dan sayuran lain misalnya wortel, buncis dan kol dicuci hingga bersih selanjutnya diiris iris kecil.

2. Tambahkan kocokan telur dalam berbagai irisan sayuran tadi, selanjutnya aduk sampai merata. Tambahkan tepung terigu plus tepung tapioka, kemudian campur merata sampai menghasilkan adonan yang kental.

3. Tambahkan bumbu bumbu yang sudah dihaluskan berupa bawang putih, bawang merah, cabai, merica, ketumbar dan sedikit garam pada adonan bakwan tadi. Aduk terus sampai bumbu tercampur merata. Supaya kian lezat, masukkan sedikit bumbu penyedap rasa.

4. Panasi wajan bersama minyak goreng yang banyak. Goreng tiap satu buah bakwan dengan takaran 3 sdm adonan bakwan. Buat bakwan dalam wajan menjadi pipih. Supaya bakwan tak saling melekat, jangan menggoreng begitu banyak adonan di wajan sekaligus.

5. Setelah bakwan berwarna kecokelatan angkat bakwan dari wajan. Supaya matang dengan rata, balik bakwan sehingga sisi yang satunya juga matang. Untuk menggoreng dibutuhkan waktu sekitar 2 menit.

6. Ambil bakwan dari wajan dan sajikan bakwa bersama cabai segar, saos sambal atau saos tomat. Selamat menikmati.