Resep - Cara Membuat Coklat Praline

Resep Coklat Praline - Hampir semua orang doyan makan coklat. Coklat dengan rasa manis sedikit pahit membuat sensasi tersendiri ketika mulai lumer di lidah. Ada banyak jenis coklat dan salah satunya adalah coklat Praline. Anda doyan menyantap coklat Praline? Coklat Praline adalah coklat imut yang mempunyai isi yang bermacam-macam dan dibuat dengan beragam bentuk. Anda dapat membuat cokelat praline di rumah yang mempunyai rasa yang persis seperti coklat Praline yang ditawarkan di hotel. Simak cara membuat coklat Coffee Praline berikut ini :
aneka rasa, resep coklat cetak, resep coklat praline isi, resep coklat praline kurma, resep coklat praline ncc, resep coklat praline oreo, resep coklat truffle, Resep Kue, untuk lebaran,

Bahan bahan yang dibutuhkan :

1/2 kg fresh cream.
25 gram kopi instan.
600 gram bittersweet chocolate.
100 gram mentega.
Cetakan piping bag yang mempunyai beragam bentuk.



  • Masukkan fresh cream serta kopi instan, panaskan hingga kopi larut. Aduk terus sampai kopi tak menggumpal. Dinginkan.
  • Potong bittersweet chocolate dengan ukuran kecil, selanjutnya dilelehkan dalam panci yang diletakkan di atas air panas. Varian coklat tersedia ada dua yaitu coklat compound dan coklat coverture. Coklat compound berasal dari minyak kelapa sawit, sementara coklat coverture yang berasal dari coklat asli.Upayakan panci untuk melelehkan cokelat lebih besar ketimbang wajan berisi air panas supaya percikan dan uap air tak masuk dalam panci coklat yang akibatnya coklat menjadi berlubang ketika dingin.
  • Sesudah coklat lumayan dingin, masukkan unsalted butter alias mentega tawar.
  • Sediakan cetakan, selanjutnya siram coklat pada cetakan. Rapikan coklat yang keluar cetakan menggunakan spatula. Diamkan kurang lebih 3 menit.
  • Tuangkan lagi adonan coklat dari cetakan pada wadah coklat, dengan begitu selanjutnya akan dihasilkan cetakan tipis coklat. Diamkan pada temperatur ruang. Sesudah adonan coklat dituangkan pada cetakan, ketuk cetakan beberapa kali supaya tak ada gelembung udara yang terperangkap yang mengakibatkan coklat menjadi berlubang.
  • Persiapkan adonan untuk isian yaitu campuran kopi instan dan fresh cream. Jika Anda gemar dengan cream kacang, pakai saja selai kacang jadi atau menurut keinginan Anda. Isikan dalam plastik segitiga.
  • Tambahkan adonan isi memakai piping bag ke cetakan. Cek dulu bahwa adonan kulit dari coklat sudah menjadi keras.
  • Lapisi lagi menggunakan adonan coklat. Menggunakan spatula, rapikan pinggiran coklat. Selanjutnya diamkan pada temperatur ruang paling lama dalam 15 menit. Jika Anda mau coklat tampak mengkilap ketika dihidangkan, tempatkan saat itu juga dalam freezer. Temperatur ekstrem akan mengakibatkan coklat tampak mengkilap.
  • Sesudah coklat mengeras, coklat siap dicopot dari cetakan. kemudian Hidangkan.

Walaupun cara membuat coklat Praline terkesan lama dan ribet, namun hasil yang akan anda peroleh tentu akan membuat anda puas dengan menikmati coklat lezat hasil olahan sendiri. Selamat menikmati nikmatnya coklat bersama keluarga tercinta.